• EKSPLORASI.ID
  • MONETER.ID
  • BANTEN.CO
Senin, Juni 23, 2025
  • Login
EKSPLORASI.ID
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS
No Result
View All Result
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS
No Result
View All Result
EKSPLORASI.ID
No Result
View All Result
Home MINYAK

Aparat Mesti Awasi Kapal Tataki dan Stavanger Blossom yang Akan Pasok Minyak ke ISC

by Eksplorasi.id
30 September 2016
in MINYAK
1
Aparat Mesti Awasi Kapal Tataki dan Stavanger Blossom yang Akan Pasok Minyak ke ISC

Ilustrasi penegak hukum | Foto : Istimewa

0
SHARES
163
VIEWS
Share on WhatsappShare on Facebook

Eksplorasi.id – Aparat penegak hukum seperti Ditjen Bea Cukai, Polri, KPK, BIN, hingga Kejaksaan Agung mesti mengawasi secara ketat keberadaan dua kapal yang mengangkut ‘minyak oplosan’ Sarir dan Mesla yang akan dipasok ke  Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina.

Ilustrasi penegak hukum | Foto : Istimewa
Ilustrasi penegak hukum | Foto : Istimewa

Kedua kapal yang mengangkut minyak oplosan tersebut adalah  MT Tataki dan MT Stavanger Blossom.

“Kedua kapal itu telah merapat ke pelabuhan di Dumai dan Balikpapan sekitar 19 September 2016,” kata Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman di Jakarta, Jumat (30/9).

Menurut Yusri, kedua kapal tersebut ketika sudah merapat ke pelabuhan kemudian ditolak oleh  ISC Pertamina.

“Itupun setelah ramai di media massa. Kalau tidak pasti langsung dialirkan ke Kilang Dumai dan Balikpapan minyaknya,” tegas dia.

Dia menambahkan, dirinya baru saja mendapat informasi bahwa meskipun sudah ditolak masuk oleh ISC, namun diduga ada oknum pejabat Pertamina yang coba ‘memaksakan’ masuk minyak yang dibawa kedua kapal itu ke kilang milik Pertamina.

“Sebab, di dunia tidak ada mau yang menerima minyak jenis Sarir dan Mesla yang sudah dioplos tersebut, jadi akan dipaksakan masuk. Ini soal cuan dan hengki pengki oleh segelintir oknum pejabat Pertamina,” tegas dia.

Seperti diketahui, kedua kapal itu mengangkut minyak jenis Sarir dan Mesla dari Libya yang diorder Pertamina melalui Glencore, perusahaan yang berbasis di Swiss.

Stavanger Blossom | Foto : Istimewa
Stavanger Blossom | Foto : Istimewa

Minyak mentah tersebut rencananya akan dipasok sejumlah empat kargo untuk kebutuhan kilang Pertamina sebanyak 1,2 juta barel, dengan komposisi 70 persen minyak Sarir dan 30 persen minyak Mesla. Faktanya, yang datang minyak Sarir 30 persen dan Mesla 70 persen.

Padahal, ungkap Yusri, merujuk notifikasi Bill of Lading yang lebih awal diterima oleh ISC, semestinya sejak awal sebelum kapal bergerak dari Libya sudah bisa diperintahkan oleh ISC untuk dibatalkan, dan tidak merugikan ISC Pertamina dengan mencari minyak mentah pengganti di pasar bebas (spot) di mana bisa harganya lebih mahal sekitar USD 1 perbarel.

Diduga dengan komposisi yang terbalik antara minyak Sarir dengan minyak Mesla ada potensi selisih harganya sekitar USD 10 per barel, sehingga kalau minyak oplosan itu diterima oleh Pertamina, maka ada potensi kerugian sebesar USD 12 juta .

“Karena percampuran minyak mentah dari berbagai sumber adalah merupakan tugas dan tanggung jawab kilang Pertamina, makanya kemudian dikenal dengan produk coktail Crude,” jelas Yusri.

MT Tataki | Foto : Istimewa
MT Tataki | Foto : Istimewa

Informasi yang dihimpun Eksplorasi.id, MT Stavanger Blossom adalah kapal tanker berbendera Norwegia dengan bobot gross tonnage 56.172 ton dan deadweight 105.641 ton.

Kapal itu memiliki dimensi panjang dan lebar sekitar  239,1meter i × 42,03 meter dengan tahun pembuatan pada 2007. Kapal tersebut dibuat oleh Sumitomo Heavy Industries, Yokosuka, Jepang.

Sementara, data spesifikasi MT Tataki, kapal berbendera Liberia itu memiliki bobot gross tonnage 85.362 ton dengan deadweight 149.992 ton. Kapal itu dibuat pada 2010 dengan dimensi panjang dan lebar 276,2 meter × 50,04 meter. Kapal itu dibuat oleh New Times Shipbuilding, Jingjiang, Cina.

Reporter : Diaz

 

Tags: headlineISCKapal TankerMeslaminyakPertaminaSarirStavanger BlossomTataki
Eksplorasi.id

Eksplorasi.id

Next Post
Harga BBM Tidak Ada Perubahan di Oktober

Harga BBM Tidak Ada Perubahan di Oktober

Comments 1

  1. Ping-balik: Kisruh Minyak Sarir dan Mesla, Kapal Tataki dan Stavanger Blossom Sudah Tinggalkan Indonesia – Eksplorasi.id

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recommended

Dinas: Sekolah Sebaiknya Siapkan Genset Antisipasi Pemadaman Listrik

Pasok Listrik di Pulau Lombok, Pemerintah Datangkan MPP dari Singapura

9 tahun ago
Harga Jargas Rumah Tangga Dipangkas BPH Migas

Saksi BPH Migas Diperiksa Polda Jambi

9 tahun ago

Sering Dibaca

  • Potensi Uranium Indonesia 77 Ribu Ton, Bisa Penuhi Kebutuhan Listrik 40 Tahun

    Potensi Uranium Indonesia 77 Ribu Ton, Bisa Penuhi Kebutuhan Listrik 40 Tahun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • FSRU Lampung Terima 1 Kargo LNG dari Tangguh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berikut Profil Direktur Pengolahan Pertamina yang Baru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyigi Kedekatan Massa Manik dan Grup Danatama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Edwin Hidayat Abdullah Ditunjuk Sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

RSS Moneter.id

EKSPLORASI.ID

© 2020 Eksplorasi.id - REFERENSI BERITA ENERGI

Navigate Site

  • REDAKSI
  • KETENTUAN LAYANAN
  • PEDOMAN SIBER
  • HUBUNGI KAMI

Follow Us

No Result
View All Result
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS

© 2020 Eksplorasi.id - REFERENSI BERITA ENERGI

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In