BERITA

Bambang Brodjonegoro: Tidak Ada Negara Maju Andalkan Kekayaan Sumber Daya Alam

Eksplorasi.id –  Indonesia jika ingin menjadi sebuah negara yang maju dihimbau tidak mengandal sumber daya alam (SDA). Pasalnya, tidak ada satu pun negara maju yang sukses hanya dengan mengandalkan SDA. 

Bambang Brodjonegoro | Foto : Istimewa

Bambang Brodjonegoro | Foto : Istimewa

Hal itu diungkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam sambutannya disebuah diskusi di Perbanas Institute, Jakarta, Sabtu, (12/11).

“Ada asumsi mengenai kutukan yang diterima oleh negara-negara yang kaya akan SDA. Negara yang kaya SDA itu justru malah berpotensi tidak maju-maju,” kata dia.

Bambang mengatakan, dengan kekayaan SDA yang berlimpah di Indonesia, jangan sampai hal itu membuat rakyat bangsa ini terperdaya dan terus menerus berfokus hanya mengekspor barang-barang mentah saja.

Dia berkomentar, ke depan bangsa Indonesia harus bisa memikirkan dan berupaya bagaimana memberikan nilai tambah pada bahan mentah ekspor untuk mendapatkan hasil yang lebih.

“Jangan sampai kita terjebak sebagai negara yang tidak punya keinginan untuk nilai tambah. Sebab, hal itu akan membuat bangsa asing merasa senang. Pemodal asing akan dengan segala cara membujuk kita untuk tidak memikirkan nilai tambah,” ungkap dia.

Reporter : Ponco S

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com