DUNIA

Enea Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara Terbesar di Eropa

EKSPLORASI.id – Enea, perusahaan energi milik pemerintah Polandia meresmikan pembangkit listrik tenaga batu bara terbesar di Eropa, pada Selasa (19/12). Hal ini dilakukan pada saat negara-negara lain ingin bergeser dari bahan bakar fosil yang menghasilkan gas rumah kaca.

Ilustrasi Batu bara

Enea membuka sebuah unit berkapasitas 1.075 megawatt (MW) yang dibangun Mitsubishi Hitachi Power Systems Jepang di pembangkit Kozienice milik mereka, bergabung dengan puluhan unit lain di kisaran 250-300 MW di situs tersebut.

“Bagian B11 adalah yang paling besar dan paling modern di Eropa,” kata kepala produksi Enea Krzysztof Figat dalam sebuah upacara yang disiarkan langsung melalui internet, guna memulai proyek senilai 1,5 miliar euro tersebut.

Kapasitas total di pembangkit itu, yang menggunakan tiga juta ton batu bara per tahun, terutama dari tambang Bogdanka di Polandia selatan, sekarang mencapai hampir 4.000 MW.

Selain pembangkit utama di Kozienice, Polandia adalah rumah bagi pembangkit terbesar di Eropa di Belchatow dekat kota Lodz, salah satu pembangkit listrik tenaga batu bara terbesar di dunia. Batu bara masih menjad sektor yang sangat penting di Polandia, demikian seperti dilaporkan AFP.

 

 

(SAM/Ant)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com