GAS

Jaringan Gas Kota, Menteri Jonan: Pertamina EP Telah Pasok 89,52 Persen Gas di Prabumulih

Ilustrasi pipa gas. | Foto : Istimewa.

Ilustrasi pipa gas. | Foto : Istimewa.

Eksplorasi.id – Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau infrastruktur jaringan gas (jargas) di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, Kamis (6/7).  Dalam kunjungannya ini, Jonan memastikan bahwa hingga saat ini sudah terdapat 38.650 sambungan rumah (SR) yang dibangun sejak 2012.

“Dari total sambungan rumah tersebut, terdapat 34.603 SR atau 89,52 persen yang telah dialiri gas dari PT Pertamina EP Aset 2 Prabumulih,” kata dia, dilansir dari situs resmi Kementerian ESDM.

Pembangunan jargas sebanyak 38.650 SR di Kota Prabumulih tersebut dilaksanakan dalam tiga skema. Pertama, jargas penugasan pemerintah yang dianggarkan dalam APBN Tahun Anggaran 2012 sebanyak 4.650 SR. Jargas tersebut telah dibangun pada 2012 dan mulai beroperasi pada 20 Juli 2013.

Kedua, jargas penugasan pemerintah melalui APBN Tahun Anggaran 2016 sebanyak 32 ribu SR dengan anggaran sebesar Rp 493,6 miliar. Infrastruktur jargas tersebut dibangun pada 2016 dan telah beroperasi sejak 29 Oktober 2016.

Ketiga, jargas pengembangan investasi PT Pertamina (Persero) pada 2015-2016 sebanyak 2.000 SR dengan nilai investasi sebesar Rp 30 miliar, yang dibangun pada 2016 dan pertama beroperasi pada 17 Januari 2017.

Jonan menambahkan, tahun ini Kementerian ESDM menargetkan untuk membangun 59.809 SR yang tersebar di sembilan kota/ kabupaten di seluruh Indonesia. Pembangunan jargas merupakan salah satu prioritas utama arahan Presiden Joko Widodo.

“Pembangunan dalam bentuk apapun diarahkan kepada pemerataan yang luar biasa. Prioritasnya bagi rumah sederhana, rusun sederhana, dan daerah-daerah yang jauh lebih membutuhkan penghematan,” ujar Jonan.

Penjelasan dia, program jaringan gas rumah tangga melalui pipa merupakan bagian dari program prioritas nasional. Pemerintah berkomitmen untuk memberikan sumber energi yang murah dan ramah lingkungan bagi masyarakat sekaligus konversi BBM ke BBG.

Ada sejumlah keunggulan jargas dibandingkan dengan elpiji dalam tabung. Keunggulan jargas adalah, hemat pengeluaran, pelanggan pengguna jargas senang dengan harga energi yang hemat karena natural gas merupakan energi primer dengan harga yang kompetitif.

Kemudian, tidak dibutuhkan penyimpanan, karena jargas disalurkan kepada pelanggan melalui pipa di mana pipa merupakan salah satu sarana yang paling stabil.

Berikutnya, handal. Pertamina melalui PT Pertagas Niaga memiliki keuntungan dalam pasokan gas melalui eksplorasi dan produksi Pertamina EP aset 2. Lalu, aman karena gas diberikan bau yang akan mendeteksi adanya kebocoran, biaya Perawatan rendah, serta ramah lingkungan.

Reporter : Sam

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top