BERITA

Luhut Gandeng Pertamina Lanjutkan Reklamasi Pulau G, Ini Tanggapannya

Eksplorasi.id – Kementerian Koordinator Bidang Maritim melanjutkan reklamasi Pulau G Teluk Jakarta.

Wianda Pusponegoro | Istimewa

Wianda Pusponegoro | Istimewa

Berbagai pihak termasuk Pertamina diklaim telah dimintai pendapat terkait kelanjutan proyek tersebut. VP Corporate Communication Wianda Pusponegoro mengakui pihaknya diajak Menko Maritim bergabung ke dalam tim teknis. Tim tersebut akan membahas secara detail terkait upaya teknis yang diperlukan ke depannya.

“Kami harus bisa pastikan bahwa operasional migas untuk menopang kebutuhan energi maupun listrik dapat terpenuhi secara aman juga berkelanjutan,” ujar Wianda.

Pertamina, ujarnya, sangat mengharapkan dapat mengoperasikan migas di area reklamasi. Hal itu termasuk pengoperasian pipa gas nusantara regas dan pipa gas Pertamina hulu energi secara aman dan baik.

Selain itu, kegiatan operasi dan perawatan diharapkan berjalan baik. Hal tersebut guna menopang suplai energi bagi kebutuhan listrik Jawa-Bali.

Sebelumnya, Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan telah mengundang Pertamina, PLN, dan kementerian lain terkait reklamasi Teluk Jakarta. Hasilnya diputuskan reklamasi Pulau G dilanjutkan.

Luhut juga mengatakan perusahaan pengembang Pulau G bersama PLB akan melakukan rekayasa teknis agar PLTU Muara Karang tidak terganggu. Menko Maritim sebelumnya, Rizal Ramli menyebut keberadaan Pulau G berbahaya terhadap PLTU Muara Karang.

Sebab, Rizal menilai, jarak reklamasi dengan PLTU terlalu dekat yaitu kurang dari 500 meter. Reklamasi juga dinilai mengganggu jalur pelayaran dan lingkungan.

Reporter : Ponco Sulaksono

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com