CSR

Luncurkan Program Baru, PGN Gandeng BUMDes Sabar Subur

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (nomor empat dari kiri) dan Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim (nomor tiga dari kanan) melakukan penandatanganan kerja sama sejumlah program yang ada di wilayah Kabupaten Serang, Banten. | Foto : PGN.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (nomor empat dari kiri) dan Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim (nomor tiga dari kanan) melakukan penandatanganan kerja sama sejumlah program yang ada di wilayah Kabupaten Serang, Banten. | Foto : PGN.

Eksplorasi.id – PT PGN Tbk (Persero) meluncurkan program baru yang akan dijalankan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sabar Subur. Selain itu, PGN akan membangun jembatan di Kali Cibeureum, Serang Banten.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dikirim ke Eksplorasi.id, disebutkan bahwa BUMDes Sabar Subur adalah bagian dari Desa Binaan PGN yang diluncurkan pada Juli 2016 di Desa Teluk Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten. Lokasinya di sekitar Offtake Station Bojonegara milik PGN.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, perseroan membangun Jembatan PGN Kali Cibeureum Kampung Pasir Buyut serta melakukan revitalisasi Situ Tasikardi di Serang, Banten.

“Untuk tiga kegiatan tersebut, PGN mengucurkan dana sebesar Rp 3,42 miliar. Ketiga kegiatan ini merupakan bukti konsistensi PGN sebagai BUMN gas bumi dalam mendorong aktivitas perekonomian desa di Indonesia. Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan desa yang lebih sejahtera di masa yang akan datang,” kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya merasa sangat bangga dapat menjadi bagian dari Kota Serang, Banten, dan ikut terlibat dalam pembangunan di sekitarnya. “Kami berharap program ini akan berjalan lancar dan dapat memacu masyarakat untuk memajukan desanya,” ujar dia.

Sebanyak tiga program BUMDes Sabar Subur diluncurkan pada Rabu (9/8) dengan nilai sebesar Rp 598 juta. Pertama, persiapan kelembagaan yang terdiri atas workshop, sewa kantor dan pengadaan peralatan kantor, hibah biaya, pelatihan sosial enterpreneurship, manajemen usaha, pengurusan legalitas BUMDes, dan studi banding pengelolaan.

Kedua, program penguatan unit usaha BUMDes, di antaranya unit usaha jasa tenaga kerja, unit usaha LKMS, unit usaha agrobisnis, unit usaha penyewaan tenda, dan lainnya.

Ketiga, PGN akan mendorong BUMDes dalam melakukan program Pengembangan Desa Sehat, antara lain dengan mewujudkan lingkungan pemukiman sehat dan bersih, pemberdayaan posyandu, pelatihan operasional ambulans, dan pembentukan bank sampah serta alat angkut sampah.

“Kami bersyukur program tersebut sudah mulai berjalan seperti terbentuknya UKM keripik, peternak bebek, dan warung-warung sembako. Ke depan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Teluk Teratai,” jelas dia.

Di satu sisi, PGN juga melaksanakan dua kegiatan yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Salah satunya dengan membangun Jembatan PGN Kali Cibeureum di Desa Pasir Buyut, Kecamatan Jawilan, Serang, Banten.

Penjelasan Jobi, sebelumnya jembatan sepanjang 24 meter dan lebar 4 meter ini kondisinya sangat memprihatinkan. Jembatan hanya bisa dilalui orang, itu pun tidak aman. Pembangunan jembatan ini telah dilaksanakan sejak November 2016 dan pengerjaan rampung pada Mei 2017. Pembangunan kembali jembatan memakan biaya sebesar Rp 2,48 miliar.

“Adanya bantuan pembangunan tersebut, Jembatan PGN Kali Cibeureum dapat dilintasi, tidak hanya oleh masyarakat sekitar, tetapi juga oleh kendaraan bermotor,” katanya.

Reporter : Sam

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com