CSR

Newmont Dukung Komunitas Batu Hijau Bootcamp

Eksplorasi.id – PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) mendukung Komunitas Batu Hijau Bootcamp yang bekerja sama dengan SMP Negeri 1 Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan pelatihan bagi pelajar bertajuk ‘Motivasi Luar Biasa untuk Meraih Sukses’.

Tambang Newmont di Batu Hijau | Antara

Tambang Newmont di Batu Hijau | Antara

Juru bicara PT NNT Rubi W Purnomo, melalui keterangan tertulis, Rabu (24/8), mengatakan, kegiatan berdurasi hampir tiga jam tersebut bertujuan untuk menginspirasi lebih dari 100 siswa-siswi agar berani bermimpi dan mengasah bakat serta talenta demi meraih cita-cita.

“Program Batu Hijau Bootcamp didesain secara utuh yang menyentuh aspek kognitif, konatif dan afektif dari para peserta. Kami bangga dengan semangat dan tekad para anggota komunitas untuk terus berbagi ilmu dan pengalaman kepada masyarakat di sekitar mereka,” katanya.

Komunitas Batu Hijau Bootcamp sebelumnya dikenal sebagai Newmont Bootcamp. Sementara itu, Aan Widhi Atma, pembicara seminar motivasi sekaligus alumni Batu Hijau Bootcamp angkatan V mengatakan, pada dasarnya, setiap manusia ingin meraih sukses. Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana caranya.

Menurut dia, memiliki sebuah cita-cita merupakan sebuah keharusan. Namun nyatanya, masih banyak anak-anak Indonesia yang belum punya gambaran ingin menjadi siapa di masa depan.

“Melalui kegiatan ‘Timur ke Barat’ yang diadakan PTNNT, kami berkesempatan untuk membagikan ilmu maupun pengalaman yang kami miliki sesuai kapasitas dan profesi masing-masing,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Maluk Khusnarti SPd mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kesediaan Komunitas Batu Hijau Bootcamp, yang berkenan berbagi inspirasi bagi anak didiknya.

“Ke depannya, kami berharap dapat berkolaborasi kembali demi mewujudkan generasi Sumbawa Barat yang optimistis dan memiliki cita-cita tinggi,” katanya.

Kegiatan ‘Timur ke Barat’ lahir dari keinginan para peserta Batu Hijau Bootcamp untuk berkontribusi nyata bagi masyarakat. Kegiatan tersebut dihelat di empat daerah, yaitu Maluk (Sumbawa Barat), Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Para alumni Komunitas Bootcamp akan berkeliling dari satu titik ke titik lainnya untuk berbagi kisah dan pengalaman dengan anak-anak serta remaja sekitar.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2011, program Batu Hijau Bootcamp telah digelar lima kali dan memberangkatkan peserta ke tambang Batu Hijau milik PTNNT di Sumbawa Barat, dengan beragam usia, profesi, asal daerah, namun memiliki semangat tinggi untuk membagikan pengalaman mereka di media sosial.

Kegiatan tersebut sebagai wujud PTNNT yang berkomitmen menyelenggarakan kegiatan tambang yang transparan. Sejak mulai beroperasi pada 2000, PTNNT telah memberikan kontribusi ekonomi sebesar hampir Rp 90 triliun dalam bentuk pembayaran pajak, royalti, gaji karyawan, pembelian barang dan jasa dalam negeri, serta dividen yang dibayarkan kepada para pemegang saham, termasuk pemegang saham nasional.

Selain itu, PTNNT juga telah melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di sekitar tambang dengan menyediakan dana sebesar rata-rata Rp 50 miliar per tahun. PTNNT saat ini mempekerjakan sekitar 7.000 karyawan dan kontraktor.

Reporter : Ponco Sulaksono

1 Comment

1 Comment

  1. Deni sopian

    25 August 2016 at 3:51 pm

    Sungguh luar biasa perusahan yang begitu besar dengan mempekerjakan 7000 karyawan, waaww amaging tetapi yang lebih amaging nya lagi adalah kepeduliaan terhadap lingkungan , sosial dan juga terhadap dunia pendidikan. Saya yakin kalau setiap perusahaan besar yang ada d negeri indonesia ini punya kepeduliaan yang begitu besar seperti newmont, pasti akan melahirkan sdm yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top