MIGAS

Pemerintah Utang Rp 30 Triliun, Pertamina: Semoga Bisa Dibayarkan Tahun Ini

Logo Pertamina | Foto: Ist

Eksplorasi.id – PT Pertamina (Persero) meminta kepada pemerintah untuk melunasi piutangnya sebesar kurang lebih Rp30 triliun dan diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2017.

Direktur Keuangan Pertamina Arif Budiman menyatakan, piutang itu terdiri dari subsidi yang diberikan pemerintah sebesar Rp22 triliun dan sisanya digunakan untuk pengadaan bahan bakar untuk TNI. “Piutang itu berjalan terus ya. Kami sedang diskusi dengan pemerintah, semoga sebagian bisa tahun ini,” terang Arif, Kamis (2/11).

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menjelaskan, perusahaan membutuhkan dana tersebut untuk berbagai pengembangan kilang. Menurutnya, dana yang dibutuhkan bisa mencapai US$5 miliar-US$6 miliar.

“Jadi kami memang butuh untuk investasi macam-macam, bayangkan saja untuk pengeboran minyak di Blok Mahakam butuh dana US$659 juta,” ujar Adiatma

Meski demikian, belum ada keputusan final kapan pastinya piutang itu akan dibayarkan. Hanya saja, manajemen optimis pemerintah memiliki pertimbangan yang terbaik bagi semua pihak. “Kami sama pemerintah kan juga bukan business to business, seperti orang tua sama anak. Pemerintah tahu mana yang harus didahulukan,” kata Adiatma.

Terkait utang Pertamina sendiri, Arif menyebut pihaknya telah membayar utang jatuh tempo sebesar US$ juta pada September lalu. Selain itu, manajemen juga telah membayar dividen dengan nilai US$120 juta.

Arif menyatakan, Pertamina bakal mencari pendanaan untuk proyek selanjutnya melalui project financing atau pembiayaan per proyek. Dengan kata lain, pendanaan tidak dilakukan sekaligus untuk seluruh proyek yang ada.

“Jadi tidak menerbitkan obligasi, kan kalau obligasi langsung ketarik semua. Kalau project financing tarik satu, terus nanti lagi, ini karena kami kan poyeknya kebanyakan kilang,” pungkas Arif. (SAM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com