CSR

PGN Latih BUMDes di Banten untuk Kembangkan Usaha

Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha ke BUMDes Desa Teluk Terate, Kramatwatu, Serang, Banten oleh PGN | Foto : PGN

Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha ke BUMDes Desa Teluk Terate, Kramatwatu, Serang, Banten oleh PGN | Foto : PGN

Eksplorasi.id – Sebagai BUMN, PT PGN Tbk (Persero) juga aktif mendorong roda perekonomian khususnya di kawasan operasi PGN. Salah satunya, dengan menggelar pelatihan dan berbagi strategi bisnis ke masyarakat.

Seperti yang dilakukan pada Kamis (2/3), PGN menggelar Pelatihan dan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Teluk Terate, Kramatwatu, Serang, Banten.

Pelatihan ini merupakan bagian dari program Desa Binaan yang sebelumnya telah dikembangkan oleh PGN di wilayah sekitar Stasiun Bojonegara, Banten.

Division Head Corporate Social Responsibility (CSR) PGN Enik Indriastuti mengatakan, pelatihan ini merupakan bentuk konsistensi perusahaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sekitar wilayah operasi.

Melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat mendorong inisiatif masyarakat untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang yang ada dengan pendekatan yang lebih inovatif.

“Ini merupakan bukti tanggung jawab sosial kami sebagai perusahaan terhadap pengembangan ekonomi masyarakat dan pengembangan pendapatan lokal melalui pelatihan, sekaligus upaya kami dalam menciptakan kemandirian masyarakat sekitar wilayah operasional,” kata Enik.

Dia menambahkan, melalui pelatihan tersebut pihaknya berharap para pengurus BUMDes dan masyarakat penerima manfaat mampu dan sanggup mengelola dan mengembangkan usahanya.

Pelatihan diikuti oleh komisaris/penasehat BUMDes, pengawas BUMDes, pengelola operasional BUMDes, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan Kelompok Usaha Masyarakat di Desa Teluk Terate.

“Dalam pelatihan kewirausahaan tersebut, PGN memberikan sejumlah materi yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha yang ada di sekitar Stasiun Bojonegara,” jelas dia.

Enik berkomentar, selain memberikan motivasi, pengembangan kreativitas ide-ide usaha BUMDes, dan memberikan strategi melakukan usaha, PGN juga akan memperkenalkan pengolahan dan teknik kemasan (packaging) makanan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Serang.

Menurut dia, kerja sama PGN dengan masyarakat sangat penting untuk keberlangsungan usaha perusahaan. Setiap kegiatan yang diterapkan di Desa Binaan milik PGN pun telah sejalan dan memenuhi Empat Pilar Utama Program CSR PGN.

Seperti, Peningkataan Kualitas Kesehatan dan Pendidikan, Kelestarian Lingkungan Berkelanjutan dan Dukungan terhadap inisiatif-inisiatif pengembangan pendapatan lokal melalui pelatihan, dan pinjaman lunak usaha mikro dan/atau kecil.

“Sebagai BUMN gas bumi yang membangun dan mengoperasikan 80 persen infrastruktur pipa gas bumi hilir di Indonesia, PGN akan terus mendorong upaya pemerintah dalam mengembangkan kinerja pemberdayaan masyarakat yang terencana, terukur, dan berkelanjutan, dalam hal ini kami menerapkannya di setiap wilayah operasional PGN,” katanya.

Reporter : Samsul

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com