LISTRIK

PLN Kaltimra PeDe Jualan Listrik Meski Surplus Daya

Eksplorasi.id – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan Rasio Elektrifikasi (RE) di provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara mencapai 96 persen. Saat ini, RE baru mencapai 88,8 persen yakni 90,54 persen untuk Kaltim dan 78,33 persen untuk Kaltara.
Ilustrasi | Foto: Ist

Ilustrasi | Foto: Ist

Sehingga secara bertahap PLN menambah mesin pembangkit dengan total kapasitas 70 MW untuk daerah terpencil. Pengadaan mesin itu melalui program Pembangkit Listrik Tenaga Diesel atau PLTD tersebar.
General Manajer PLN Wilayah Kaltimra, Riza Novianto Gustam mengatakan, untuk mendukung program listrik pedesaan maka PLN gencar menggarap dan telah 1432 desa teraliri listrik sejak 2015 hingga sekarang.
“Rencananya hingga 1520 desa sudah teraliri listrik pada 2019 sehingga bisa kami katakan hingga pada akhir tahun itu seluruh desa di Kaltim dan Kaltara sudah teraliri listrik,” kata Riza Novianto, Selasa (03/10).
Sedangkan untuk mendukung program listrik 35.000 MW yang dicanangkan pemerintahan Jokowi, PLN juga akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Embalut sebesar 2×50 MW.
“Tapi pembangkit itu bisa menggunakan sumber tenaga lain yakni Solar. Insya Allah, proyeknya berjalan mulai Januari 2018, termasuk membangun jaringan pipa gas sejauh 55 km ke Embalut,”  ucapnya.
Sementara Sistem Kelistrikan Mahakam yang menyuplai listrik ke kota Balikpapan, Samarinda, Bontang dan Tenggarong dalam kondisi surplus. Sehingga dipastikan tidak ada lagi pemadaman karena defisit daya.
“Jika terjadi pemadaman biasanya bersifat insidentil seperti terkena ranting pohon atau pohon tumbang, hewan dan petir. Pemadaman juga bisa terjadi saat dilakukan perawatan untuk kehandalan mesin pembangkit,” jelas Riza.
Kondisi surplus daya ini didapatkan dari beroperasinya PLTU Teluk Balikpapan sebesar 110 MW dan 90 MW surplus daya dari Sistem Mahakam. “Kami siap melayani pelanggan baru mulai dari rumah tangga, industri termasuk Kawasan Ekonomi Khusus di Buluminung dengan total permintaan daya 188mVA,” ujarnya.
Diketahui, kapasitas daya mampu di Sistem Mahakam mencapai 560 MW. Kemudian untuk beban puncak pada malam hari mencapai 380 MW.
Reporter: SAM
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com