• EKSPLORASI.ID
  • MONETER.ID
  • BANTEN.CO
Rabu, Oktober 8, 2025
  • Login
EKSPLORASI.ID
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS
No Result
View All Result
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS
No Result
View All Result
EKSPLORASI.ID
No Result
View All Result
Home MINYAK

Beli Minyak Murah Bagian Negara, Menteri Jonan Didesak Lakukan Audit Investigasi Kilang TWU

by Eksplorasi.id
17 Februari 2017
in MINYAK
1
CERI: Beli di Bawah ICP dan Tanpa Tender, Kesalahan TWU Kasat Mata

Logo PT Tri Wahana Universal. | Foto: TWU

0
SHARES
118
VIEWS
Share on WhatsappShare on Facebook
Logo PT Tri Wahana Universal. (Foto: Istimewa).
Logo PT Tri Wahana Universal | Foto : Istimewa

Eksplorasi.id – Kementerian ESDM didesak memimpin proses audit investigasi terkait dijualnya secara murah minyak bagian negara dari Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu ke PT Tri Wahana Universal (TWU).

Sekretaris Jenderal Rumah Gerakan (RG) 98 Sayed Junaidi Rizaldi mengatakan, audit investigasi yang dipimpin Kementerian ESDM juga mesti melibatkan Kementerian Keuangan dan KPK.

“Audit mesti dipimpin langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan, jangan melibatkan Dirjen Migas  I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja. Sebab dia (dirjen Migas) ketika masih sebagai Plt juga sempat mengeluarkan kebijakan yang blunder terkait persoalan minyak tersebut,” kata Sayed kepada Eksplorasi.id di Jakarta, Jumat (17/2).

Sayed menjelaskan, sedikitnya negara mengalami kerugian sebanyak tiga kali ketika menjual minyak bagian negara le PT TWU. Dia mencontohkan, jika minyak tersebut dijual di Floating Storage and Offloading (FSO) Gagak Rimang maka akan didapat harga ICP plus alpha, di mana alpha adalah premi yang ditawarkan oleh buyer saat tender penjualan minyak. Dalam hal ini menjadi ICP plus USD 2.

Namun, terang Sayed, jika minyak tersebut dijual di plant gate maka negara tidak akan memeroleh alpha tersebut. Bahkan, dalam kasus ini malah dihargai di bawah ICP, yakni ICP Arjuna minus USD 4,76 per barel.

“PT TWU membeli minyak bagian negara di bawah ICP. Ironisnya, untuk memenuhi kebutuhan kilang, negara melalui PT Pertamina (Persero) membeli minyak lain seharga ICP plus USD 2. Selisih harganya menjadi USD 2 plus USD 4,76 menjadi USD 6,76 per barel. Apakah ini selisih harga ini bukan kerugian negara?” tanya Sayed.

Kemudian, imbuh Sayed, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) memiiki pipa untuk mengangkut minyak dengan kapasitas penuh 165 ribu barel per hari ke FSO Gagak Rimang.

Tapi, faktanya sebagian kapasitas pipa tersebut menjadi idle. “Diambilnya crude di plant gate, maka pipa yang di rancang untuk mengangkut minyak sebanyak 165 ribu bph dari Central Production Facility (CPF) ke Tuban menjadi under capacity alias over design,” ujar dia.

Di sisi lain, negara seolah menyewa ‘pipa’ lain dengan toll fee seharga USD 4,76 per barel untuk mengangkut minyak tersebut ke pembeli, dalam hal ini TWU. “Apakah ini juga bukan kerugian negara?” jelas dia.

Penjelasan Sayed, setidaknya dalam kasus ini negara mengalami rugi tiga kali. Pertama, dari kehilangan margin USD 2 per barel. Kedua, negara harus membayar toll fee ‘pipa’ lain sebesar USD 4,76 per barel. Ketiga, negara kehilangan kesempatan menggunakan pipanya sendiri.

Kesalahan prosedur lain yang dilakukan, ungkap Sayed, PT TWU jelas-jelas tidak membeli lewat tender minyak bagian negara tersebut. Kemudian, harga beli rata-rata ICP minus transportation cost (toll fee pipa) dari plant gate ke Tuban, di mana penetapan diskon terkait toll fee ini tidak ada patokan yang jelas.

Kesalahan lainnya, jelas Sayed, semula kontrak awal ke TWU awalnya adalah hanya untuk minyak yang berasal dari Early Production Facility (EPF), karena saat itu belum dibangun pipa dari Banyu Urip ke Tuban.

“Tapi kemudian kontrak tersebut di extend oleh pimpinan SKK Migas berlanjut untuk minyak dari CPF. Kembali ini dilakukan tanpa tender dan tanpa koreksi harga,” ungkap dia.

Sayed berpendapat, semestinya hasil produksi dari Banyu Urip diprioritaskan untuk kilang milik Pertamina, bukan PT TWU, dan juga dialirkan ke FSO Cinta Natomas yang merupakan milik Pertamina. Alasannya, Pertamina memiliki komposisi saham yang sama besar dengan Exxon di Blok Cepu.

“Perlu diketahui juga, dalam rencana pengembangan (Plan of Development/ POD) Blok Cepu tidak ada rencana pembangunan kilang mini PT TWU. Semestinya PT TWU harus melakukan pembelian di FSO Gagak Rimang atau FSO Cinta Natomas,” katanya.

Dia menegaskan, sebagai ‘penumpang gelap’, seharusnta PT TWU ikut aturan harga ICP Arjuna di FSO Gagak Rimang. “Kalau PT TWU boleh beli minyak dengan ‘harga diskon’, itu menandakan adanya intervensi kekuasaaan yang merugikan negara,” ujar dia.

Reporter : Samsul

 

Tags: AuditBlok CepuheadlineminyakTWU
Eksplorasi.id

Eksplorasi.id

Next Post
Kapolda Papua Tegaskan Freeport Tidak Semena=mena PHK Karyawan

Kapolda Papua Tegaskan Freeport Tidak Semena=mena PHK Karyawan

Comments 1

  1. Ping-balik: Kilang Milik TWU Setop Total Beroperasi – Eksplorasi.id

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recommended

PLTA tak Beroperasi, Kota Jayapura Alami Krisis Energi Listrik

PLTA tak Beroperasi, Kota Jayapura Alami Krisis Energi Listrik

10 tahun ago
EMI jadi anak usaha PLN, Dirut: Untuk perkuat EBT dan Konservasi Energi

EMI jadi anak usaha PLN, Dirut: Untuk perkuat EBT dan Konservasi Energi

4 tahun ago

Sering Dibaca

  • Plt. Dirut Pertamina: Itu Bukan Pelepasan Aset, Tapi Pemberian Participating Interest

    Berikut Ini Empat Masalah Besar yang Dihadapi Pertamina

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ironi Kalteng, Kaya Batubara Tapi Listrik Sering Mati

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sekuritisasi Aset Rp 10 Triliun, PLN Miliki Utang Jumbo Hingga Rp 407,5 Triliun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyigi Kedekatan Massa Manik dan Grup Danatama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Potensi Uranium Indonesia 77 Ribu Ton, Bisa Penuhi Kebutuhan Listrik 40 Tahun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

RSS Moneter.id

  • Oona Insurance Indonesia Hadirkan Asuransi Penumpang Bagi Pengguna Taksi Listrik Green SM 7 Oktober 2025
  • JTPE Perkuat Penjualan Melalui Ekspor Paspor 7 Oktober 2025
  • Perkuat Portofolio Sektor Infrastruktur Industri & Logistik, Astra Property Selesaikan Akuisisi MMP 7 Oktober 2025
  • UmrahCash dan VIDA Hadirkan Solusi Aman & Praktis 6 Oktober 2025
  • Ini Inovasi Perfect Corp Ubah Cara Konsumen Temukan Sepatu Idaman secara Online 6 Oktober 2025
  • Pasar Apartemen Jakarta Tetap Stabil di Tengah Perlambatan Musiman 6 Oktober 2025
  • Logitech Perkenalkan Keyboard Mekanis Logitech Alto Keys K98M 6 Oktober 2025
  • GIIAS Hadirkan Informasi dan Inovasi Otomotif Terbaru Bagi Pelajar dan Mahasiswa Lewat Education Day 3 Oktober 2025
  • Resmi Dibuka, Deretan Merek dan Kendaraan Terbaru Ramaikan Pameran GIIAS Bandung 2025 3 Oktober 2025
  • Citi Indonesia Dinobatkan sebagai ‘Best Performance Bank’ di Bisnis Indonesia Financial Awards 2025 2 Oktober 2025
EKSPLORASI.ID

© 2020 Eksplorasi.id - REFERENSI BERITA ENERGI

Navigate Site

  • REDAKSI
  • KETENTUAN LAYANAN
  • PEDOMAN SIBER
  • HUBUNGI KAMI

Follow Us

No Result
View All Result
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS

© 2020 Eksplorasi.id - REFERENSI BERITA ENERGI

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In