BERITA

Bakal Gelar RUPS, Sejumlah Direksi dan Komisaris PGN Terancam Dicopot?

Ilustrasi. | Foto: Istimewa.

Eksplorasi.id – PT PGN (Persero) Tbk rencananya akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) pada 10 September ini.

Sumber Eksplorasi.id mengungkapkan, salah satu agenda dalam RUPS itu antara lain adalah pergantian jajaran direksi dan komisaris PGN.

“Ada beberapa direksi PGN yang akan dicopot. Kans paling besar yang dicopot posisi direktur utama,” kata sumber di Jakarta, Selasa (4/9).

Saat ini susunan direksi PGN adalah Jobi Triananda Hasjim (direktur Utama), Desima E Siahaan (direktur SDM dan Umum), Dilo Seno Widagdo (direktur Infrastruktur dan Teknologi), Said Reza Pahlevy (direktur Keuangan), dan Danny Praditya (direktur Komersial).

Menurut sumber, kemungkinan terbesar mayoritas jajaran direksi saat ini akan diisi oleh perwakilan dari PT Pertamina (Persero). “Karena saat ini posisi PGN merupakan anak usaha Pertamina,” ujar sumber.

Sumber menjelaskan, digantinya sebagian besar jajaran direksi dan komisaris PGN saat ini karena ada asumsi hingga akhir tahun ini laba bersih PGN hanya bisa bertambah USD 2 juta dari laba bersih semester-1 2018.

“Laba bersih PGN di semester I-2018 memang naik 190 persen dibanding periode sebelumnya menjadi USD 145,9 juta atau setara Rp 2,11 triliun (kurs Rp 14.500) dari USD 50,28 juta,” jelas sumber.

Komentar sumber, kenaikan laba bersih semester-I 2019 karena adanya biaya-biaya yang ditahan yang akan direalisasikan pada semester-2 2018.

“Kita lihat saja pendapatan neto PGN semester-1 2018 sebenarnya meningkat tidak signifikan yakni hanya 14,9 persen dari USD 1,41 miliar menjadi USD 1,62 miliar,” katanya.

Selain itu, beban pokok pendapatan perusahaan juga naik sebenarnya dari USD 1 miliar menjadi USD 1,15 miliar. “Total liabilitas (utang) juga naik dari USD 3,1 miliar menjadi USD 3,2 miliar,” jelasnya.

Sumber menambahkan, posisi komisaris utama PGN yang saat ini dipegang IGN Wiratmaja Puja juga akan diganti.

Jajaran komisaris PGN saat ini diisi oleh Hambra (komisaris), Paiman Rahardjo (komisaris Independen), Mohamad Ikhsan (komisaris), dan Kiswodarmawan (komisaris Independen).

Reporter: HYN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com