BERITA

Ini Sosok Arcandra Tahar Pengganti Sudirman Said

Eksplorasi.id – Menteri ESDM Sudirman Said kabarnya akan dicopot oleh Presiden Joko Widodo. Konon kabar yang beredar, posisi Sudirman akan digantikan oleh Arcandra Tahar.

Arcandra Tahar saat ini menjabat sebagai presiden perusahaan Petroneering di Houston, AS, sejak 2013. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (27/7), Candra menyelesaikan studi S1 di Teknik Mesin ITB (1989-1994).

Kemudian dia mendapat beasiswa di Texas A&M Universities pada jurusan Teknik Kelautan hingga meraih gelar master (1996– 1998) dan doktor (1998–2001).

Candra memiliki pengalaman selama 14 tahun di lapangan dalam bidang hidrodinamika dan teknik offshore. Dia juga memiliki tiga paten yang berkaitan dengan offshore seperti teknologi McT (Multi Column TLP) Floating Platform dan menjadi salah satu yang memperkenalkan standar hidrodinamika untuk industri.

Selama ini Candra tinggal di Amerika Serikat, tetapi sering memberikan materi di Indonesia. Salah satunya pada 2014 dia menjadi salah satu pembicara dalam persiapan Pertamina EP untuk mengoptimalkan lapangan offshore L-Parigi.

Nama profesional muda ini tak pernah terdengar masuk bursa menteri, sehingga penyebutan namanya cukup mengejutkan. Sebelumnya dia sudah makan asam garam bekerja sebagai ahli di berbagai perusahaan dunia.

Beberapa sumber menyebut, Arcandra sudah lama sering berdiskusi dengan Presiden Jokowi soal ESDM.

Eksplorasi | Dtk | Mdk | Ponco

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top