Eksplorasi.id – Kapal MT Tataki dan MT Stavanger Blossom yang mengangkut minyak jenis Sarir dan Mesla pesanan Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina via Glencore ternyata sudah meninggalkan perairan Indonesia.
Berdasarkan informasi yang diperoleh Eksplorasi.id, kapal MT Tataki saat ini sudah berada di India. Sedangkan kapal MT Stavanger Blossom sudah berlabuh di Singapura.
Kapal MT Tataki tiba di India sejak Kamis (29/9) pukul 16.38 waktu setempat. Sementara MT Stavanger Blossom tiba di Singapura pada Jumat (30/9) pukul 18.08 waktu setempat.
Seperti diberitakan sebelumnya, semula kedua kapal itu akan memasok minyak jenis Sarir dan Mesla untuk Kilang Dumai dan Kilang Balikpapan.
Kapal MT Tataki dan MT Stavanger Blossom membawa minyak Sarir dan Mesla dari Libya. Minyak mentah itu semula akan dipasok sejumlah empat kargo untuk kebutuhan kilang Pertamina sebanyak 1,2 juta barel.
Pada saat awal, komposisi minyak tersebut adalah 70 persen minyak Sarir dan 30 persen minyak Mesla. Faktanya, yang datang minyak Sarir 30 persen dan Mesla 70 persen.
Baca juga :
Anehnya, pihak Glencore yang melakukan blending kedua minyak tersebut, bukan di-blending di kilang milik PT Persero (Persero).
Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman berkomentar, adanya perbedaan spesifikasi tersebut diduga sudah direncanakan secara rapi.
“Dugaan saya, ini ada pihak yang coba ‘bermain’ dengan minyak Sarir dan Mesla. Hengki pengki-nya sudah terlihat jelas kasat mata,” ujar dia kepada Eksplorasi.id di Jakarta, Jumat (30/9).
MT Stavanger Blossom adalah kapal tanker berbendera Norwegia dengan bobot gross tonnage 56.172 ton dan deadweight 105.641 ton.
Kapal itu memiliki dimensi panjang dan lebar sekitar 239,1 meter × 42,03 meter dengan tahun pembuatan pada 2007.
Kapal tersebut dibuat oleh Sumitomo Heavy Industries, Yokosuka, Jepang.
Sedangkan MT Tataki merupakan kapal berbendera Liberia yang memiliki bobot gross tonnage 85.362 ton dengan deadweight149.992 ton.
Kapal tersebut dibuat pada 2010 dengan dimensi panjang dan lebar 276,2 meter × 50,04 meter oleh New Times Shipbuilding, Jingjiang, Cina.
Reporter : Diaz
Comments 1