RAGAM

Lima Tips yang Harus Dipersiapkan Saat Liburan

Eksplorasi.id – Memikirkan rencana liburan memang selalu menyenangkan. Namun sayangnya, rencana liburan seringkali tidak berjalan sesuai rencana. Misalnya, tempat wisata yang nyatanya ramai pengunjung, lupa membawa uang cash, atau malah sakit ketika liburan.

Ilustrasi | Foto: Ist

Nah, supaya liburan tetap berjalan sesuai dengan yang diharapkan, ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan. Meski terbilang mudah, nyatanya persiapan berikut ini sering kali disepelekan sehingga merusak momen liburan. Lantas, apa saja yang mesti dipersiapkan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

  1. Tujuan wisata, transportasi, akomodasi, dan itinerary

Hal paling pertama yang harus kamu persiapkan tentunya adalah menentukan destinasi wisata tujuanmu. Baik itu liburan ke pantai, ke gunung, atau ke tempat-tempat yang memang menurutmu asyik dan seru. Selanjutnya, mulailah untuk berburu tiket pesawat. Jangan lupa untuk langsung memesan tiket pesawat ke Jakarta agar tak kehabisan tiket pulang nantinya.

Jika tujuan wisata telah ditentukan dan tiket perjalanan telah dipesan, kini saatnya untuk mencari akomodasi terbaik. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget-mu. Tak masalah kalau tarifnya murah yang penting nyaman saat disinggahi. Setelah itu, barulah kamu membuat itinerary yang lengkap dan detail. Pastikan kamu juga telah menentukan transportasi apa yang akan kamu gunakan selama traveling.

Jangan lupa untuk mempelajari sedikit bahasa lokal dari daerah yang akan kamu kunjungi. Hal ini tentunya akan berguna saat kamu ingin mengobrol dengan warga lokal atau ingin menawar barang di pasar.

  1. Surat cuti

Bagi para pekerja yang ingin liburan di luar hari libur nasional dan cuti bersama, penting untuk segera mengajukan surat cuti. Semakin cepat, maka semakin cepat pula proses approval-nya. Jangan lupa untuk menyelesaikan semua urusan pekerjaanmu apalagi kalau kamu dikejar deadline. Selesaikan semua tanggung jawabmu sepenuhnya. Kamu tidak mau kan liburanmu jadi terganggu karena tugas kantor yang belum terselesaikan?

  1. Koper atau ransel dan daftar barang bawaan

Poin ini juga tak kalah penting. Meski urusan packing terdengar mudah, jangan pernah menyepelekannya. Packing justru bisa menjadi sesuatu hal yang menjengkelkan kalau kamu tidak tahu triknya. Mulailah dari menentukan jenis tas yang akan dibawa, apakah menggunakan ransel atau koper.

Kalau perjalananmu memakan waktu berhari-hari, disarankan untuk membawa koper. Namun, kalau hanya ingin liburan tak sampai lebih dari tiga hari, bawa saja ransel yang bisa menampung banyak barang. Selanjutnya, tentukan pakaian yang ingin kamu kenakan selama traveling. Tak perlu memindahkan seluruh isi lemarimu ke dalam tas. Cukup membawa seperlunya saja.

Sesuaikan baju yang kamu bawa dengan cuaca daerah yang akan kamu kunjungi. Supaya lebih mudah, buatlah daftar checklist barang bawaan untuk menghindari penyakit lupa. Setelah itu, urutkan baju yang akan dipakai. Letakkan baju yang paling terakhir digunakan di bagian paling bawah dan letakkan baju yang akan dipakai di hari pertama pada urutan paling atas.

  1. Obat-obatan pribadi

Siapa pun bisa jatuh sakit ketika liburan. Jadi, selalu siapkan obat-obatan pribadi agar sakitmu tidak mengganggu aktivitas liburan, ya! Biasanya, obat yang penting itu adalah obat diare, demam, sakit kepala, dan obat alergi. Jangan sampai malah kesulitan mencari obat-obatan saat penyakit kamu kambuh kala liburan.

  1. Uang tunai

Yang terakhir, jangan lupa untuk mempersiapkan uang tunai di dalam dompet karena tak semua tempat wisata menyediakan mesin ATM untuk kamu tarik tunai. Siapkan setidaknya dua kali lipat dari uang yang telah direncanakan. Hal ini penting untuk mengantisipasi biaya tak terduga.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top