CSR

Masyarakat Kabupaten Samosir Peroleh Pelatihan Bahasa Inggris Gratis dari Parna Raya

CSR PT Parta Raya. | Foto-foto: Istimewa.

Eksplorasi.id – PT Parna Raya melalui Yayasan Marianna Foundation, bekerja sama dengan The British Institute (TBI), baru-baru ini memberi pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa, guru, dan masyarakat Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Ketua Bidang Program Yayasan Marianna Parna Raya Grup Binsar Simbolon mengatakan, progam peningkatan kemampuan Bahasa Inggris ini telah berlangsung belum lama ini.

“Maraknya kegiatan internasional di Pulau Samosir dan Danau Toba menyebabkan semakin tingginya kunjungan turis luar negeri ke Pulau Samosir. Hal ini perlu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Binsar Simbolon, di Jakarta, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, pemerintah Indonesia telah menetapkan kawasan Danau Toba dan Pulau Samosir menjadi salah satu destinasi wisata internasional.

Kemudian, beberapa waktu lalu Pulau Samosir juga menjadi tuan rumah sejumlah acara internasional, seperti Samosir Music International, kompetisi balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) yang diikuti oleh ribuan pembalap dari Asia, juga acara Samosir Jazz Session.

Penjelasan Binsar Simbolon, peserta pelatihan Bahasa Inggris tersebut mencapai 500 orang. Peserta pelatihan tidak dipungut biaya. Sumber pendanaan sepenuhnya dibiayai dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) Parna Raya Grup.

Program yang diikuti para peserta adalah, Speak Better English, Speak Better English for Teens, dan English for Tourism. Khusus peserta dari kalangan guru, Parna Raya melalui para pengajar TBI memberikan materi mengenai cara mengajar Bahasa Inggris yang efektif kepada siswa.

Hal ini bertujuan agar para guru di Kabupaten Samosir dapat mendidik siswa dengan metode belajar interaktif dan menyenangkan. Salah satu sekolah yang mendapat pelatihan Bahasa Inggris gratis ini adalah siswa dan guru SMP Negeri 3 Pangururan, Kabupaten Samosir.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Pangururan Maringan Hutabalian mengatakan, Bahasa Inggris menjadi kebutuhan mendasar masyarakat Kabupaten Samosir saat ini.

Pihaknya sangat berterima kasih kepada Parna Raya karena telah memberikan pelatihan Bahasa Inggris kepada para siswa dan guru secara cuma-cuma. “Kami berharap pelatihan Bahasa Inggris juga bisa diberikan kepada sekolah-sekolah lain di Kabupaten Samosir,” ujar dia.

Binsar Simbolon menambahkan, Parna Raya akan memertimbangkan kelanjutan pemberian pelatihan Bahasa Inggris gratis di Kabupaten Samosir. “Kami akan pertimbangkan sesuai dengan pimpinan di pusat,” katanya.

Komentar Binsar, ada sejumlah kendala dalam pelaksanaan program pelatihan Bahasa Inggris. Berdasarkan catatannya, banyak guru dan siswa yang mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan. Sayangnya, ada beberapa peserta yang sudah mendaftar, namun tidak mengikuti pelatihan.

Sekedar informasi, Marianna Foundation adalah bagian dari Parna Raya yang di khususkan untuk menangani kegiatan yang bersifat sosial dari perseroan, termasuk di dalamnya kegiatan CSR dari Parna Raya Grup.

Reporter : Sam

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com