Eksplorasi.id – PT Pertamina (Persero) mengadakan Pertamina Days: “Green Fair 2016” pada Jumat (29/7) yang merupakan ajang tahunan untuk mengenalkan dan mendekatkan perusahaan berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui kegiatan pameran dengan beragam aktivitas.
Direktur Gas, Energi Baru, dan Terbarukan PT Pertamina (Persero) Yenni Andayani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (29/7), mengatakan Pertamina Days merupakan bagian dari upaya menyebarkan informasi tentang proses bisnis Pertamina yang disampaikan dengan cara menyenangkan.
“Dari ajang ini, masyarakat dari berbagai kalangan usia bisa memahami bisnis, pengembangan teknologi dan energi yang telah dilakukan Pertamina serta pencapaian yang telah diraih sehingga dapat menumbuhkan kecintaan serta kebanggaan pada hasil karya anak bangsa,” katanya.
Melalui acara ini, kata Yenni, Pertamina ingin mendekatkan diri pada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk memahami Pertamina seluas-luasnya.
“Konsep acara ini adalah pameran edukasi tentang Pertamina, mulai dari proses pencarian minyak sampai menjadi produk, serta menyampaikan pencapaian dan prestasi yang telah kami raih sebagai perusahaan negara yang bergerak di sektor energi,” tuturnya.
Di Pertamina Days, pengunjung pameran akan mendapatkan pengalaman baru yang menarik, yaitu berpetualang di tunnel di mana mereka dapat menonton film tentang proses bisnis Pertamina dari hulu sampai hilir dengan efek suara menyerupai aktivitas nyata dan lantai akan berubah-ubah pada saat diinjak.
Selain itu, masyarakat bisa mengunjungi stand hulu yang berisi informasi mengenai pencarian minyak dan gas dengan cara yang interaktif berupa touch screen, serta tersedia fasilitas Virtual Reality (VR).
Dengan VR Box, pengunjung seakan-akan diajak ke lokasi pencarian minyak dan gas sesungguhnya dan disuguhkan pengalaman unik pencarian minyak dan gas.
Terdapat pula stand Gas, Energi Baru, dan Terbarukan (GEBT) yang berisi informasi mengenai bisnis GEBT serta percobaan sains sederhana yang bisa menghasilkan daya listrik sebagai sarana edukasi bagi semua kalangan. Sementara itu di stand pengolahan, pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai proses pengolahan minyak mentah menjadi BBM dan LPG, serta produk lainnya yang dihasilkan di kilang-kilang Pertamina.
Kemudian terdapat stand pemasaran yang hadir dengan miniatur SPBU sebagai representasi bisnis Pertamina di hilir yang bersentuhan langsung dengan masyarakat .
Dalam stand itu, pengunjung bisa merasakan pengalaman seru bagaimana mengisi bahan bakar di kendaraan. Masyarakat juga bisa membeli produk, merchandise serta penawaran promo menarik di stand ini.
Di stand Corporate Social Responsibility (CSR), pengunjung bisa mendapatkan informasi berbagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat di daerah sekitar operasi maupun wilayah terluar dan perbatasan Indonesia.
Selain itu, juga akan ditampilkan beragam produk mitra binaan Pertamina yang dapat dibeli pengunjung.
Pertamina Days juga mengadakan berbagai lomba dan tantangan untuk pengunjung anak-anak selama kegiatan berlangsung, di antaranya lomba mewarnai, tantangan 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Recreate), susun brick, dan percobaan science sederhana yang melibatkan para trainer generasi muda dan pramuka.
Selain itu, terdapat beberapa kegiatan workshop, seperti workshop desain grafis yang bisa diikuti murid-murid SMK dan mahasiswa, workshop membuat makanan sehat untuk balita.
“Melalui acara Pertamina Days ‘Green Fair 2016’, kami berharap dapat memupuk rasa memiliki, percaya, dan bangga terhadap Pertamina berikut produk-produknya,” ucap Yenni.
Pertamina Days “Green Fair 2016” yang berlangsung di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta, berlangsung selama tiga hari, 29-31 Juli 2016 dan terbuka untuk umum. Setelah di Jakarta, Pertamina Days juga akan digelar di Makassar pada 26-28 Agustus 2016 dan Medan pada 25-27 November 2016.
Eksplorasi/Top