Eksplorasi.id – PT Pertamina (persero) meluncurkan Dexlite, Selasa (12/4). Bahan bakar minyak (BBM) varian baru untuk kendaraan bermesin diesel itu dijual Rp 6.750 per liter dan baru tersebar di 33 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jabodetabek, nantinya menyebar bertahap ke seluruh wilayah Indonesia.
Menurut VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, penerimaan Dexlite sudah cukup baik. Namun, Pertamina masih punya pekerjaan rumah (PR) yang banyak untuk diselesaikan, salah satunya mengedukasi masyarakat mengenai kualitas solar di Indonesia.
Wianda melanjutkan, Pertamina tidak bisa bekerja sendiri dalam menyampaikan informasi tersebut. Produsen mobil, kata Wianda harus ikut membantu, agar tujuannya lebih cepat diterima masyarakat luas. “Misalnya, mengeluarkan mesin diesel lebih banyak lagi, atau memberikan infomasi mengenai diesel common rail. Kita juga akan terus melakukan edukasi,” ungkap Wianda.
Sebelumnya, Wianda pernah mengatakan, mobil diesel yang menggunakan teknologi common rail bisa menggunakan Dexlite. Sebab, tujuan diciptakan BBM jenis baru ini karena populasi mobil diesel modern semakin banyak. “Diesel common rail memerlukan bahan bakar lebih bersih. Dexlite memiliki angka cetana lebih tinggi dibanding solar 48,” ungkap Wianda.
Eksplorasi | Kompas | Aditya