Eksplorasi.id – PT PLN Area Manado sedikit kesulitan mencari titik-titik jaringan yang rusak sehingga perbaikan membutuhkan waktu lebih lama.
“Setiap ada signal kerusakan pasti petugas PLN di setiap rayon akan langsung ke titik jaringan, dan berusaha secepat mungkin memperbaikinya,” kata Kepala PLN Area Manado Paultje Mangundap di Manado, Senin.
Ia mengatakan yang membuat petugas sulit mencari jaringan yang rusak ketika gangguan terjadi di lokasi hutan, perkebunan yang jauh dari akses jalan.
Paultje mengatakan, di setiap rayon telah memiliki tim khusus yang siap selama 24 jam sehingga di saat ada kerusakan jaringan dan laporan pemadaman akan langsung ditindaklanjuti.
Dan, dirinya mengimbau kepada pelanggan jika terjadi gangguan diharapkan langsung melapor ke call center 123, sehingga akan segera diperbaiki, karena jika hanya terjadi gangguan kecil di lapangan terkadang tidak ada signal ke kantor pusat.
Karena, katanya, ada banyak jenis gangguan yang sering terjadi di lapangan, seperti isolator retak, pohon tumbang dan gangguan lainnya, akibat faktor alam dan juga ada faktor teknis.
Deputi Manager Humas PLN Sulut Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) Jantje Rau juga berterima kasih kepada media di Sulut yang dengan sigap dan tanggap membantu PLN menginformasikan masalah-masalah di pelanggan terutama yang terkait dengan pemadam atau “Mati Lampu”.
“Kami harap hal ini disuarakan trus untuk menuju PLN yang lebih baik, namun untuk mempercepat pemulihan gangguan alangkah terbantunya petugas kami jika informasi dilengkapi nama pelanggan, alamat, nomor Idpel dan no telpon yang dapat dihubungi,” kata Jantje.
Jantje mengatakan untuk gangguan di rumah pelanggan dan gangguan penyulang/gardu, tolong diinformasikan alamat desa/ kampung atau lokasi yang padam.
Dia menjelaskan gangguan jaringan yangvterjadi saat ini bukan lagi karena defisit listrik, namun gangguan karena alam dan teknis.
Eksplorasi | Detik | Aditya