MIGAS

Wamen Archandra Klaim Dana Komitmen Kerja Pasti Migas Capai Rp 31,5 Triliun

Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar. | Foto : Pertamina.

Eksplorasi.id – Komitmen kerja pasti sektor migas ditaksir mencapai Rp 31,5 tersebut, sebagaimana diklaim oleh Kementerian ESDM. Komitmen kerja pasti adalah dana yang akan dikeluarkan kontraktor sebagai investasi mereka selama lima tahun.

Dana itu akan digunakan untuk meningkatkan produksi dan eksplorasi sumur-sumur baru. “Sampai hari ini kami mengumpulkan firm working komitmen Rp 31,5 triliun yang bisa digunakan untuk eksplorasi baik di WK (wilayah kerja) eksisting maupun open area yang bisa pilih,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Jakarta, Selasa (19/2).

Penjelasan Archandra, komitmen kerja pasti merupakan inovasi pemerintah untuk menggenjot eksplorasi. Komitmen kerja pasti klaim dia merupakan bagian dari skema kontrak bagi hasil gross split.

Dia menambahkan, komitmen kerja pasti ini untuk mengatasi minimnya dana eksplorasi yang disediakan pemerintah. Sebelumnya dana yang ada hanya tersedia USD 5 juta.

“Dana eksplorasi yang tersedia dari APBN hanya USD 5 juta, atau sekitar Rp 60 miliar-Rp 70 miliar setahun. Apa yang kita harapkan? Lalu kami berharap produksi kita akan naik, akhirnya kami mencari cara baru lewat blok-blok terminasi dibuat term baru,” jelas dia.

Menurut dia, dana komitmen kerja pasti bisa digunakan untuk eksplorasi. Komitmen kerja pasti juga dijadikan parameter kelayakan kontraktor mengelola blok migas.

Reporter: Sam.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com