• EKSPLORASI.ID
  • MONETER.ID
  • BANTEN.CO
Rabu, Oktober 8, 2025
  • Login
EKSPLORASI.ID
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS
No Result
View All Result
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS
No Result
View All Result
EKSPLORASI.ID
No Result
View All Result
Home BERITA

Kisruh Minyak Sarir dan Mesla, Kapal Tataki dan Stavanger Blossom Sudah Tinggalkan Indonesia

by Eksplorasi.id
30 September 2016
in BERITA
1
Kisruh Minyak Sarir dan Mesla, Kapal Tataki dan Stavanger Blossom Sudah Tinggalkan Indonesia

Ilustrasi kapal. | Foto : Istimewa.

0
SHARES
215
VIEWS
Share on WhatsappShare on Facebook

Eksplorasi.id – Kapal MT Tataki dan MT Stavanger Blossom yang mengangkut minyak jenis Sarir dan Mesla pesanan Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina via Glencore ternyata sudah meninggalkan perairan Indonesia.

Ilustrasi kapal | Foto : Istimewa
Ilustrasi kapal | Foto : Istimewa

Berdasarkan informasi yang diperoleh Eksplorasi.id, kapal MT Tataki saat ini sudah berada di India. Sedangkan kapal MT Stavanger Blossom sudah berlabuh di Singapura.

Kapal MT Tataki tiba di India sejak Kamis (29/9) pukul 16.38 waktu setempat. Sementara MT Stavanger Blossom tiba di Singapura pada Jumat (30/9) pukul 18.08 waktu setempat.

Seperti diberitakan sebelumnya, semula kedua kapal itu akan memasok minyak jenis Sarir dan Mesla untuk Kilang Dumai dan Kilang Balikpapan.

Alur perjalanan MT Stavanger Blossom | Foto : Eksplorasi.id
Alur perjalanan MT Stavanger Blossom | Foto : Eksplorasi.id

Kapal MT Tataki dan MT Stavanger Blossom membawa minyak Sarir dan Mesla dari Libya. Minyak mentah itu semula akan dipasok sejumlah empat kargo untuk kebutuhan kilang Pertamina sebanyak 1,2 juta barel.

Pada saat awal, komposisi minyak tersebut adalah 70 persen minyak Sarir dan 30 persen minyak Mesla. Faktanya, yang datang minyak Sarir 30 persen dan Mesla 70 persen.

Baca juga :

  • Aparat Mesti Awasi Kapal Tataki dan Stavanger Blossom yang Akan Pasok Minyak ke ISC

Anehnya, pihak Glencore yang melakukan blending kedua minyak tersebut, bukan di-blending di kilang milik PT Persero (Persero).

Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman berkomentar, adanya perbedaan spesifikasi tersebut diduga sudah direncanakan secara rapi.

“Dugaan saya, ini ada pihak yang coba ‘bermain’ dengan minyak Sarir dan Mesla. Hengki pengki-nya sudah terlihat jelas kasat mata,” ujar dia kepada Eksplorasi.id di Jakarta, Jumat (30/9).

MT Stavanger Blossom adalah kapal tanker berbendera Norwegia dengan bobot gross tonnage 56.172 ton dan deadweight 105.641 ton.

Alur perjalanan MT Tataki | Foto : Istimewa
Alur perjalanan MT Tataki | Foto : Istimewa

Kapal itu memiliki dimensi panjang dan lebar sekitar  239,1 meter × 42,03 meter dengan tahun pembuatan pada 2007.

Kapal tersebut dibuat oleh Sumitomo Heavy Industries, Yokosuka, Jepang.

Sedangkan MT Tataki merupakan kapal berbendera Liberia yang memiliki bobot gross tonnage 85.362 ton dengan deadweight149.992 ton.

Kapal tersebut dibuat pada 2010 dengan dimensi panjang dan lebar 276,2 meter × 50,04 meter oleh New Times Shipbuilding, Jingjiang, Cina.

Reporter : Diaz

Tags: GrencoreheadlineimporISCMeslaMT Stavanger BlossomMT TatakiSarir
Eksplorasi.id

Eksplorasi.id

Next Post
Luar Biasa, Glencore Menangkan 5 dari 8 Tender Minyak Mentah yang Digelar ISC

Luar Biasa, Glencore Menangkan 5 dari 8 Tender Minyak Mentah yang Digelar ISC

Comments 1

  1. Ping-balik: DPR: Pencopotan Dwi Soetjipto Diduga Karena Menolak Campur Tangan Ari Soemarno – Eksplorasi.id

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recommended

Harga Minyak Tak Terguncang Serangan Bom di Brussels

Maret 2016, Produksi Minyak Nasional Lebihi Target APBN

10 tahun ago
China’s Biggest Oil Field Posts 1st-Half Profit on Cost Cuts

China’s Biggest Oil Field Posts 1st-Half Profit on Cost Cuts

9 tahun ago

Sering Dibaca

  • Tunggakan Listrik Banten Selatan Capai Rp 60 Miliar

    Ironi Kalteng, Kaya Batubara Tapi Listrik Sering Mati

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Satu Pal Listrik Mengaliri 60 Rumah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • PT Nindya Karya Diduga Lakukan Eksploitasi Tambang Ilegal di NTB

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyigi Kedekatan Massa Manik dan Grup Danatama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Potensi Uranium Indonesia 77 Ribu Ton, Bisa Penuhi Kebutuhan Listrik 40 Tahun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

RSS Moneter.id

  • Oona Insurance Indonesia Hadirkan Asuransi Penumpang Bagi Pengguna Taksi Listrik Green SM 7 Oktober 2025
  • JTPE Perkuat Penjualan Melalui Ekspor Paspor 7 Oktober 2025
  • Perkuat Portofolio Sektor Infrastruktur Industri & Logistik, Astra Property Selesaikan Akuisisi MMP 7 Oktober 2025
  • UmrahCash dan VIDA Hadirkan Solusi Aman & Praktis 6 Oktober 2025
  • Ini Inovasi Perfect Corp Ubah Cara Konsumen Temukan Sepatu Idaman secara Online 6 Oktober 2025
  • Pasar Apartemen Jakarta Tetap Stabil di Tengah Perlambatan Musiman 6 Oktober 2025
  • Logitech Perkenalkan Keyboard Mekanis Logitech Alto Keys K98M 6 Oktober 2025
  • GIIAS Hadirkan Informasi dan Inovasi Otomotif Terbaru Bagi Pelajar dan Mahasiswa Lewat Education Day 3 Oktober 2025
  • Resmi Dibuka, Deretan Merek dan Kendaraan Terbaru Ramaikan Pameran GIIAS Bandung 2025 3 Oktober 2025
  • Citi Indonesia Dinobatkan sebagai ‘Best Performance Bank’ di Bisnis Indonesia Financial Awards 2025 2 Oktober 2025
EKSPLORASI.ID

© 2020 Eksplorasi.id - REFERENSI BERITA ENERGI

Navigate Site

  • REDAKSI
  • KETENTUAN LAYANAN
  • PEDOMAN SIBER
  • HUBUNGI KAMI

Follow Us

No Result
View All Result
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS

© 2020 Eksplorasi.id - REFERENSI BERITA ENERGI

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In