JASA

Ini Tips Memilih Perusahaan Pengolahan Limbah

Ilistrasi limbah B3. | Foto: Istimewa.

Eksplorasi.id – Limbah bahan, berbahaya, dan beracun atau disingkat B3 kerap menjadi momok setiap perusahaan, terutama badan usaha yang bergerak diberbagai sektor industri. Seringkali badan usaha tersebut menggandeng pihak ketiga untuk mengatasi persoalan limbah B3 tersebut.

Dikutip dari situs resmi perusahaan terkemuka yang bergerak di sektor pengolahan berbagai limbah, PT Wastec International, ada sejumlah tantangan yang dihadapi setiap badan usaha ketika akan memilih rekanan pengolahan limbah.

Ketika sebuah badan usaha ingin mengolah secara mandiri limbah usahanya, biayanya tidaklah murah. Alternatifnya adalah menggandeng perusahaan pengolahan limbah, namun pastinya harus yang berpengalaman.

Situs resmi Wastec menyebutkan, perusahaan penyedia jasa pengolahan limbah memiliki semua yang dibutuhkan untuk mengolah limbah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

Ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan memilih rekanan perusahaan pengolahan limbah. Berikut ini tipsnya.

Pertama, layanan yang ditawarkan. Tidak semua jasa pengolahan limbah B3 memiliki jenis layanan yang sama. Misalnya saja terkait jenis limbah yang diterima. Ada jasa pengolahan limbah yang menyediakan layanan pengolahan limbah radioaktif dan eksplosif, ada juga yang tidak.

Selain pengolahan limbah, beberapa penyedia jasa juga menyediakan layanan lain seperti pengangkutan limbah, pembersihan tangki minyak, teknik lingkungan hingga pembersihan tempat dari limbah.

Kedua, teknologi yang digunakan. Pengolahan limbah berbahaya membutuhkan teknologi khusus dalam pelaksanaannya. Teknologi yang digunakan biasanya juga bergantung pada layanan yang ditawarkan dan metode pengolahan yang digunakan.

Berbagai fasilitas penunjang pengolahan limbah milik PT Wastec International. | Foto: Istimewa.

Setiap metode pengolahan tentunya membutuhkan teknologi yang berbeda. Semakin lengkap teknologi yang dimiliki, fleksibilitas dalam menentukan metode pengolahan limbahnya juga semakin tinggi.

Pada pabrik pengolahan limbah B3 yang melayani pengolahan limbah dengan metode insinerasi, insinerator adalah alat yang wajib dimiliki. Biasanya, jasa pengolahan limbah menyediakan beberapa insinerator untuk mengolah jenis limbah yang berbeda.

Ada insinerator limbah medis, insinerator limbah lumpur hingga insinerator limbah cair. Beberapa insinerator juga dibekali dengan teknologi khusus berdasarkan jenis limbah yang diolah. Selain itu, pertimbangkan juga teknologi-teknologi lain yang digunakan. Setidaknya, teknologi-teknologi tersebut terbukti mampu mengolah limbah B3 sesuai dengan standar.

Ketiga, fasilitas pabrik pengolahan limbah B3. Apa saja fasilitas yang dimiliki oleh pabrik pengolahan limbah B3? Selain teknologi pengolahan limbah, fasilitas pabrik juga perlu dipertimbangkan. Misalnya saja terkait dengan transportasi limbah b3. Mengingat muatan yang diangkut, transportasi yang digunakan tentunya harus aman dan berlisensi serta memiliki izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Fasilitas pengawasan juga tidak kalah penting. Begitu juga dengan fasilitas administrasi pembuangan limbah. Untuk pabrik pengolahan limbah radioaktif, fasilitas berupa gudang terpisah adalah satu keharusan.

Keempat, komitmen dalam pengolahan limbah. Mengolah limbah berbahaya tidak hanya membutuhkan teknologi yang sesuai dan sumber daya manusia yang sudah terlatih. Untuk menjalankan fungsinya, pabrik pengolahan limbah B3 juga membutuhkan komitmen yang kuat.

Berbagai fasilitas penunjang pengolahan limbah milik PT Wastec International. | Foto: Istimewa.

Komitmen tersebut bukan hanya terbatas pada menyediakan layanan pengolahan limbah yang sesuai standar. Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan justru harus menjadi yang paling utama. Melalui komitmen seperti inilah, layanan pengolahan limbah terbaik berasal.

Kelima, biaya layanan. Salah satu alasan menggunakan jasa pengolahan limbah B3 adalah untuk menekan biaya. Jika dibandingkan dengan biaya pengolahan limbah B3 secara mandiri, setidaknya biaya tersebut harus lebih rendah.

Guna memastikan hal tersebut, mengetahui berapa biaya layanan yang ditawarkan tidaklah cukup. Perhitungkan juga keuntungan jangka panjangnya. Untuk mendapatkan harga terbaik, lakukan survei dan bandingkan biaya dari beberapa penyedia layanan.

Pengolahan limbah merupakan upaya berkelanjutan yang dilakukan secara beriringan dengan proses produksi. Karena itulah, penting untuk memilih pabrik pengolahan limbah B3 yang kredibel dan berpengalaman.

Reporter: Sam.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top