RAGAM

Menyaksikan Perayaan Diwali di Malaysia

Eksplorasi.id – Malaysia sebagai negara pelabuhan tentu saja didominasi oleh berbagai etnis dengan berbagai budaya dan agama. Setidaknya terdapat tiga etnis yang mendominasi Malaysia yaitu Melayu, Tionghoa, dan India. Etnis Tionghoa dan India datang melalui jalur pedagangan, sama seperti di Indonesia. Hanya saja etnis India lebih banyak yang menetap di Malaysia.

Perayaan Diwali di Malaysia

Setiap tahunnya, komunitas keturunan India yang sebagian besar menganut agama Hindu mengadakan perayaan yang dinamakan sebagai Diwali atau Deepawali yang berarti Festival Cahaya. Festival ini menggambarkan kemenangan kebaikan atas keburukan. Lampu-lampu yang disematkan di penjuru kota adalah gambaran suka cita atas kemenangan tersebut.

Seminggu sebelum perayaan Diwali, jalanan di Little India akan dipenuhi dengan para penduduk yang ingin berbelanja rempah-rempah, benda-benda keagamaan, dekorasi rumah untuk open-house, hingga kain-kain sari yang cantik dan penuh warna. Beberapa warga juga melakukan puasa atau diet vegetarian sebelum perayaan Diwali.

Pada pagi hari perayaan Diwali, para penganut Hindu menyucikan diri dengan memandikan dirinya menggunakan minyak sebelum berangkat ke kuil untuk memanjatkan doa dan melaksanakan upacara ritual. Seluruh kuil di Malaysia dihias bunga-bunga dengan warna yang merona. Sesembahan kepada sang Dewa seperti buah buahan dan santan kelapa dipersiapkan di altar-altar.

Setelah upacara berakhir, para penganut Hindu biasanya mengadakan open-house di rumanya masing-masing. Mereka mempersilakan para tamu, teman, dan tetangga untuk datang dan menyantap hidangan khas India yang terkenal lezat dengan aneka bumbu yang menyelimutinya.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Malaysia di bulan November 2018, sebaiknya Anda sempatkan untuk menyaksikan perayaan Diwali yang meriah ini. Warga Malaysia sendiri pun turut merayakan Diwali meskipun tidak menganut agama Hindu. Tempat terbaik untuk menyaksikan perayaan Diwali adalah di Little India Brickfields yang berdekatan dengan Kuala Lumpur Sentral Station.

Selain di Little India, Anda juga bisa menyaksikan perayaan Diwali di Jalan Tuanku Abdul Rahman. Aksesnya pun cukup mudah karena dekat sekali dengan stasiun RapidKL Masjid Jamek atau stasiun monorail Medan Tuanku.

Meskipun Diwali adalah acara kekeluargaan, namun kini perayaannya turut pula dilakukan di jalan. Dengan mudah Anda akan menemukan pertokoan yang memasang rangkaian lampu-lampu cantik yang membuat suasana malam sangat hidup. Beberapa mal besar di Kuala Lumpur seperti Pavilion KL, The Gardens Mall, dan Suria KLCC biasanya dihiasi dengan lampu-lampu yang semarak.

Tidak cuma festival lampu, biasanya juga diadakan festival kembang api yang semakin membuat suasan semakin meriah. Malam hari pun semakin hidup karena para warga berdansa dan bernyanyi bersama di jalan untuk merayakan kemenangan. Tentu saja ini adalah pemandangan yang menarik.

Tidak setiap hari Anda bisa menyaksikan begitu banyak kebahagiaan yang tumpah di jalan dengan bermandikan cahaya kota. Mungkin bisa saja Anda diundang untuk mengikuti open-house di salah satu rumah warga lokal. Apabila kesempatan itu datang, jangan sampai Anda lewatkan.

Bagi Anda yang menginginkan pengalaman spiritual yang khidmat, Anda juga bisa mengunjungi kuil-kuil yang mengadakan upacara ritual. Contohnya kuil Sri Kondaswamy Kovil dan kuil Sri Mahamarianamman. Perayaan di kedua kuil ini berhiaskan bunga dan sesembahan yang disusun sedemikian rupa sehingga wajib untuk Anda abadikan. Hanya saja pastikan pakaian Anda sopan dengan menggunakan pakaian yang tertutup.

Selain perayaan cahaya, Anda juga dapat menemukan pola-pola dekoratif penuh warna yang biasanya berbentuk bunga atau burung merak. Pola dekoratif ini disebut sebagai Rangoli atau Kolam dan mudah Anda temukan di beberapa mal di Kuala Lumpur. Tujuannya adalah untuk membawa kesejahteraan dan keberuntungan kepada tempat-tempat yang dihiasi.

Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Perayaan Diwali tahun ini akan jatuh pada tanggal 7 November. Persiapkan cuti Anda dan pantau harga tiket di internet maupun aplikasi untuk mencari promo tiket pesawat ke Malaysia. Tidak setiap hari Anda akan mendapatkan pengalaman berbincang hangat sambil menikmati hidangan khas India yang kaya akan bumbu.

 

Reporter: Sam

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top