• EKSPLORASI.ID
  • MONETER.ID
  • BANTEN.CO
Kamis, September 21, 2023
  • Login
EKSPLORASI.ID
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS
No Result
View All Result
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS
No Result
View All Result
EKSPLORASI.ID
No Result
View All Result
Home Business

PGN terapkan digitalisasi melalui skema Share Service Integrasi Data

by Eksplorasi.id
22 Januari 2021
in Business
0
Pastikan penyaluran gas terjaga, PGN terapkan ‘smart utility’ berbasis teknologi 4.0
0
SHARES
28
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Eksplorasi.id – PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN terus mengembangkan inovasi melalui penerapan digitalisasi dalam menjalankan operasional pemanfaatan gas bumi. Impementasinya, penerapan teknologi digital PGN terintegrasi dengan seluruh Anak Usaha agar dapat meningkatkan efisiensi & efektivitas kinerja operasional melalui skema Share Service Integrasi Data.

Kata, Direktur Komersial PGN Faris Aziz memaparkan pentingnya share service untuk monitoring pengelolaan gas bumi di sepanjang rantai nilai gas bumi di seluruh anak usaha Subholding Gas. Dengan kemampuan memonitoring pengelolaan gas bumi, maka akan mempercepat pengambilan keputusan dan pengembangan di seluruh mata rantai bisnis gas bumi. Monitoring dilakukan dalam dua sistem yaitu sistem informasi terintegrasi dan dashboard gas nasional.

“Setelah melalui proses analisa, skema share service sebagai bentuk sistem informasi penyaluran gas PGN yang terintegrasi bernama SIPGAS dan dikendalikan di level Gas Management atau Pipeline Management,” kata Faris di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, Share Service SIPGAS ini bertujuan untuk mengoptimalkan asset yang dimiliki, efisiensi biaya operasi dan maintenance yang ada di Anak Perusahaan PGN.

Pada sistem skema informasi terintegrasi, PGN dan Anak Perusahaan telah melakukan inventarisasi terlebih dahulu dengan mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari kehandalan, validitas, kesesuaian dengan SOP, efektivitas biaya dan waktu, akurasi, konsistensi, koneksi, hingga personil yang akan menggunakan tools shared service. Dari aspek-aspek yang dipertimbangkan, menghasilkan sistem-sistem operasional seperti Field Instruments, Operation Controller, Telecommunication, SCADA, dan Database Collecting.

“Lingkup Share Service Integrasi Data SIPGAS ada tiga, yaitu Pre Gas Delivery, Gas Delivery, dan Post Gas Delivery,” imbuh Faris.

Pre Gas Delivery mencakup informasi data terkait kegiatan dan konfirmasi yang dilakukan melalui tools SIPGas, contohnya perencanaan penyaluran gas. Gas Delivery mencakup Informasi Data realtime dari titik serah dan terima kemudian dikirimkan kedalam SIPGas secara otomatis, contohnya operasi penyaluran gas dan pengelolaan gangguan.

Kemudian, Post Gas Delivery mencakup informasi pelaporan dan validasi data yang dilakukan oleh Pertagas melalui perangkat yang tersedia dalam SIPGas.

Dashboard Nasional PGN dan Anak Usaha merangkup seluruh operasi bisnis Subholding Gas dari Upstream hingga Downstream. Anak Usaha yang terintegrasi dengan SIPGas yakni PGN LNG, PT Nusantara Regas, PT Transportasi Gas Indonesia (TGI), PT Pertamina Gas, PT Pertamina Gas Niaga, dan PT Kalimantan Jawa Gas (KJG).

Kemudian pendistribusian gas sampai ke pelanggan dikelola dan Gas Distribution Mangement Regional (GDMR) I, I, III PGN dan PT Gagas Energi Indonesia selaku Anak Usaha yang menyediakan produk gas bumi tanpa infrastruktur pipa yaitu Gaslink.

Setelah tahapan pada Sistem Informasi yang terintegrasi selesai, akan dilanjutkan ke proses tersedianya Dashboard Nasional. Proses ini memiliki banyak benefit yaitu penyampaian data yang lebih cepat dan akurat, memudahkan analisis dan pengambilan keputusan oleh manajemen baik terkait operasional dan pengembangan untuk mencapai visi misi perusahaan, indentifikasi kendala operasional di Anak Perusahaan sebagai fungsi pembinaan Subholding Gas, serta analisis strategis pengelolaan gas nasional melalui Anak Usaha.

“Dengan adanya dashboard nasional, menunjukkan kepada stakeholder bahwa PGN memiliki pusat data atau big data terkait seluruh proses dan kegiatan mata rantai bisnis gas bumi nasional dan hal ini penting dalam menghadapi era disrupsi saat ini. Dashboard ini mampu memberikan informasi-informasi dan solusi yang transparan antara Holding dengan Anak Usaha. Hal ini memudahkan untuk dikomunikasikan secara efektif dan realtime karena melalui satu server yang terintegrasi,” tutup Faris.

Secara berkelanjutan, PGN terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi digital dalam menjalankan bisnis gas bumi. Aspek penguasaan teknologi menjadi salah satu pondasi utama untuk keberhasilan pemanfaatan gas bumi. Kini PGN telah mengelola 96% infrastruktur gas bumi dan melayani lebih dari 422.000 pelanggan di sektor industri komersial, rumah tangga, UMKM, pembangkit listrik, dan transportasi (SPBG).

Target realisasi peningkatan jumlah pelanggan dan berkembangnya infrastruktur gas bumi di masa depan, akan optimal dengan dukungan penguasaan teknologi yang handal di lingkup Subholding Gas.

Tags: DigitalheadlinePGN
Eksplorasi.id

Eksplorasi.id

Next Post
Antam digugat 1,1 ton emas, Pakar Hukum: perusahaan tidak bertanggung jawab

Antam digugat 1,1 ton emas, Pakar Hukum: perusahaan tidak bertanggung jawab

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recommended

Mengawal Aturan Khusus Investasi Migas di Laut Dalam

Mengawal Aturan Khusus Investasi Migas di Laut Dalam

7 tahun ago
Harga Minyak Meroket, Pemerintah Belum Bisa Putuskan Harga BBM

Tahun Ini, Konsumsi Premium Turun

8 tahun ago

Sering Dibaca

  • Biji Kamandrah Diprediksi Jadi Energi Alternatif Masa Depan

    Biji Kamandrah Diprediksi Jadi Energi Alternatif Masa Depan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sebelum Kasus Galangan Kapal Muncul, Dulu Kilang Donggi Senoro Juga Sempat Bermasalah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Macet Parah di ‘Brexit’, Pertamina Kerahkan Mobil Pick Up hingga Pasukan Motor Layani Pembelian BBM

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Imbas Mogok Kerja, 700 Karyawan Freeport Kena SP

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Evaluasi Tambang Emas Poboya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

RSS Moneter.id

  • Hoaks Rempang Bertebaran di Medsos, Pakar: Pemerintah Harus Melakukan Mitigasi 21 September 2023
  • Perkuat Proteksi Asuransi Masyarakat, Cermati Protect Gandeng Mega Insurance Unit Syariah 21 September 2023
  • Alam Sutera Grup Resmikan Masjid Nur Suvarna Sutera 21 September 2023
  • Pegadaian Resmikan The Gade Creative Lounge di UNJ 21 September 2023
  • Jalan Rusak pada Jalur Alternatif Puncak Jawa Barat Mulai Diperbaiki 21 September 2023
  • Tingkatkan Konektivitas Menuju IKN, Pembangunan Jalan Tol Terus Digenjot 21 September 2023
  • Pegadaian Ajak Gen-Z melek Finansial Lewat Web Series Ali yang Terheran Herman 21 September 2023
  • Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan dalam Penyelenggaraan Sistem Perdagangan Alternatif, Bappebti Rilis Perba No 6 Tahun 2023 20 September 2023
  • Startup Pertanian Koltiva Raih Pendanaan Seri A yang Dipimpin Oleh AC Ventures 20 September 2023
  • blu by BCA - Talenta Nusantara Ciptakan Generasi Kompeten dan Pintar Finansial 20 September 2023
EKSPLORASI.ID

© 2020 Eksplorasi.id - REFERENSI BERITA ENERGI

Navigate Site

  • REDAKSI
  • KETENTUAN LAYANAN
  • PEDOMAN SIBER
  • HUBUNGI KAMI

Follow Us

No Result
View All Result
  • HOME
  • BERITA
  • INDEPTH
  • RAGAM
  • ENGLISH NEWS
  • OPINI
  • VIDEO
  • FOTO
  • INFOGRAFIS
  • INDEKS

© 2020 Eksplorasi.id - REFERENSI BERITA ENERGI

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In