EKSPLORASI.id – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimra) menjamin kelancaran pasokan listrik aman selama perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di kedua provinsi tersebut.
General Manager PLN Wilayah Kaltimra Riza Novianto Gustam mengatakan,pihaknya membuat 41 pos distribusi dan menurunkan 670 petugas Tim Siaga yang bersiaga.
“Para petugas mulai bersiaga di pos-pos tersebut mulai 18 Januari lalu hingga 8 Januari mendatang,” katanya Minggu (24/12)
Menurut Gustam, memasuki minggu keempat Desember ini, masing-masing kantor area di bawah PLN Wilayah Kaltimra yakni di Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, dan Tarakan beserta rayon-rayon di bawahnya telah melakukan gelar kesiapan Tim Siaga.
Tim siaga terdiri dari petugas pelayanan teknik, operator pembangkit, petugas pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB), serta petugas pengatur distribusi.
“Kami siagakan tim agar apabila terjadi gangguan mendadak, tim dapat segera bergerak untuk mengatasinya. Namun, kita sama-sama berharap kondisi kelistrikan aman dan handal selama Natal dan Tahun Baru ini, juga untuk seterusnya,” kata Gustam.
Gustam menambahkan, bahwa PLN meniadakan kegiatan pemeliharaan jaringan listrik selama H-1 hingga H+1 saat Natal dan Tahun Baru 2018 ini agar tidak mengganggu distribusi listrik ke pelanggan.
“Tak hanya jaringan, pembangkit juga kami siapkan agar operasinya maksimal. Pemeliharaan di sisi pembangkit juga telah dilakukan agar mengecilkan kemungkinan gangguan yang bisa terjadi,” tambanya.
Pada momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 lalu, beban puncak atau pemakaian maksimal pada Sistem Mahakam tercatat 346 MW. Tahun ini, diperkirakan beban puncak akan berada pada kisaran 372 MW.
Pada Desember 2017, daya mampu Sistem Mahakam sebesar 555 MW dengan beban puncak tertinggi 415 MW. Dengan beban tersebut, Sistem Mahakam masih memiliki daya cadangan sebesar 140 MW. “Jadi masih banyak lebihnya, aman,” kata Gustam.
Gustam mengimbau masyarakat untuk tidak segan menghubungi Contact Center PLN 123 apabila membutuhkan layanan seputar kelistrikan, termasuk melaporkan gangguan apabila terjadi padam, agar petugas bisa menindaklanjuti dan mengatasi masalahnya dengan segera.
(SAM)