BATUBARA

Tahun Depan, Harga Batubara Sulit Diprediksi

EKSPLORASI.id – Harga batubara pada tahun 2018 masih sulit diprediksi. Namun, pergerakan harga dipastikan masih bergantung oleh kebijakan China terkait pengurangan impor batubara.

Direktur Eksekutif Asosiasi Perusahaan Batubara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia mengatakan, sulit untuk memprediksi secara tepat harga batubara, karena sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal. Permintaan dari India dan juga faktor cuaca semakin sulit di prediksi.

Hendra menjelaskan, negara-negara ekonomi besar menurunkan konsumsi batubara kecuali India. “Oleh karena itu dengan level harga yang kuat ini tentu mendorong meningkatnya produksi sementara demand cenderung menurun,” ujarnya, Jumat (22/12).

Menurutnya, untuk domestik tentu faktor potensi ketidakpastian usaha sebagai dampak dari kebijakan dan regulasi. Oleh karena itu kebijakan terkait harga jual batubara dalam negeri untuk kepentingan pembangunan kelistrikan perlu mempertimbangkan kepentingan produsen batubara dan juga aspek konservasi.

“Saya kira China belum melarang impor tapi mulai mengurangi impor batubara khususnya kalori rendah. Potensi pasar lain tentu India sebagai importir terbesar kemudian pasar di negara tetangga ASEAN,” pungkasnya.

Sementara, Direktur Batubara Kementerian ESDM, Sri Raharjo mengatakan, untuk harga batubara 2018 diprediksi sangat tergantung kondisi pasar mengingat harga acuan batubara (HBA) Indonesia ditetapkan dengan formula yang mengacu harga pasar.

“Menurut prediksi berbagai analis pasar untuk tahun 2018 harga batubara diperkirakan pada kisaran yg tidak jauh berbeda dengan harga tahun 2017,” jelasnya.

Berdasarkan dari data Bloomberg, sejak awal tahun 2017 hingga saat ini rata-rata harga batubara di ICE Futures untuk kontrak pengiriman Februari 2018 sebesar US$ 82 per ton. Harga batubara terendah di level US$ 69 per ton di awal tahun dan harga tertinggi di level US$ 100,80 per ton di 19 Desember 2017.

 

(SAM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com